Menu

Sudah Tahu, Jenis-jenis Backlink ?

Bagi anda yang saat ini berkecimpung dalam dunia SEO, pasti pernah mendengar yang namanya backlink atau yang sering disebut teknik offpage yang berasal dari luar website. Ternyata jenis-jenis backlink sangatlahbanyak dan anda yang baru pemula akan sangat bingung istilah-istilah dibawah ini, namun bagi anda yang sudah lama akan sangatlah familiar.

Dulu tehnik backlink sangatlah powerfull dalam meranking kata kunci, namun sekarang porsinya sudah dikurangi oleh google karena banyaknya webmaster memanipulasi hasil pencarian sehingga tidak lagi mementingkan content namun hanya memikirkan bagaimana cara cepar meranking di google.

Inilah Jenis-jenis Backlink

Jenis-jenis Backlink

Baiklah, sekarang kita masuk kedalam inti pembahasan judul, yaitu jenis-jenis backlink. Inilah dia jenis-jenis backlink :

1. Blog comment

Cara ini dahulu sering dilakukan oleh para webmaster karena sangatlah ampuh dan caranya sangatlah mudah karena anda tinggal berkomentar diwebsite orang lain dan kemudia meninggalkan link didalamnya. Namun, sekarang tehnik ini masih awam, ada yang mengatakan masih bagus dan ada juga yang mengatakan sudah tidak berguna lagi. Sekarang, tergantung anda mau mencoba backlink blog comment atau tidak, anda bisa membuktikan sendiri dengan melakukannya sehingga anda bisa tahu, apakah tehnik ini benar-benar work atau tidak.

2. Blog zombie

Jenis-jenis backlink yang kedua adalah dengan blog zombie. Blog zombie adalah subdomain blog yang sudah tua dan tidak lagi diurus oleh pemiliknya sehingga mati dan webmaster mengaktifkannya kembali untuk keperluan backlink, karena blog yang sudah berumur memiliki backlink yang ampuh dibandingkan dengan web yang fresh. Blog zombie diantaranya adalah blogspot, wordpress, tumblr, webbly, bravenet dan masih banyak yang lainnya.

3. Pbn

Jenis backlink yang ketiga adalah dengan PBN. Tehnik ini merupakan tehnik yang paling ampuh dalam meranking kata kunci di google dikarenakan Backlink PBN adalah backlink yang dari website yang berumur dan memiliki authority karena memiliki backlink dari website seperti wikipedia dan yang lainnya. Tehnik ini memerlukan biaya yang sangat besar karena anda harus membeli domain yang berumur dengan harga yang mahal serta hosting untuk mengaktifkan aged domain yang telah anda beli. Banyak master seo yang telah gurihnya meraih halaman pertama google setelah menggunakan tehnik PBN ini.

4. Forum

Jenis backlink yang ketiga adalah dengan membuat link website anda di berbagai forum, baik itu lewat signature, profile dan juga thread. Anda bisa membacklink sekalian mempromosikan website yang anda miliki.

5. Guest post

Sedangkan jenis backlink yang terakhir adalah guest post. Guest post adalah anda memposting artikel anda di blog orang lain dan menyisipkan link website didalamnya. Untuk cara ini, anda harus terlebih dahulu mengajak kerjasam pemilik blog dan anda dituntut untuk membuat artikel berkualitas dalam website mereka dan biasanya anda harus membayar untuk bisa mendapatkan backlink dalam website mereka. Besaran biayanya tentu berbeda-beda tergantung kualitas website dan pengunjung website yang ingin anda guest post.

Demikianlah penjelasan lengkap kami mengenai jenis-jenis backlink. Semoga bagi anda yang pemula dalam seo, bisa menambah pengetahuan anda tentang backlink dan tentunya tidak lupa banyak praktek agar anda semakin berpengalaman sehingga anda tahu mana tehnik yang powerfull untuk meranking dan mana yang tidak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *